Penting!

Story - Diary Putra dan Nana 1

“Aku Akan Menunggumu...”

12 November 2013.
Ada seorang laki-laki bernama Putra yang sudah menjomblo selama satu tahun. Dikatakan sudah tidak laku, tidak juga. Setahun waktu yang masih bisa dibilang normal untuk orang yang berusaha move on dari yang namanya ‘mantan’. Dikatakan laris, juga sudah pasti tidak. Karena dia belum mendapat pengganti dari mantannya. Padahal mantan Putra sudah mempunyai kekasih dari beberapa bulan setelah mereka berpisah. Malang bukan sih? Hahaha. Tak perlu khawatir, walaupun Putra belum mendapatkan pengganti mantan, namun dia sudah banyak dikelilingi wanita yang tiap malam bergantian memenuhi memori ponsel textnya. Banyak sekali yang mengirim pesan untuknya setiap malam. Dan tak lupa dibalas oleh Putra semuanya. Hufty banget. Bahkan tak sedikit dia yang mulai duluan untuk mengobrol bersama wanita lain. Putra bisa dibilang ‘playboy’. Bagaimana tidak? Tingkahnya yang dikelilingi banyak wanita disetiap harinya dan disambut hangat olehnya. Namun pada hari ini, dia memberanikan diri untuk mengajak seorang wanita untuk berkencan, ya kencan pertama dalam pertemanannya dengan wanita ini. Entah wanita in bodoh atau tolol, namun wanita ini mau diajak kencan sama Putra, yang dianggap playboy oleh wanita ini. Sungguh luar biasa bukan pesona Putra? Padahal belum lama mereka berkenalan. Baru sekitar kurang lebih 3 bulan.
Wanita ini bernama Nana. Nana Subroto. Wanita yang bisa dikatakan tidak cantik, berkulit sawo matang, tidak tinggi, hanya bertinggi 155cm, namun memiliki senyuman yang membuat hati laki-laki meleleh saat melihatnya. Entah apa yang dipikiran Nana, sampai dia menerima ajakan kencan Putra Handoyo. Seorang laki-laki yang selama 3 bulan ini dekat dengan Nana. Yang sering mengganggu dengan tingkahnya maupun text message-nya. Sebelum Nana dekat dengan Putra, Nana belum pernah berhubungan dengan laki-laki manapun. Dia hanya dekat namun tidak pernah ada status. Hanya teman biasa, seperti lainnya. Hati Nana juga belum pernah diserahkan kepada laki-laki manapun.
Karena ini adalah kencan pertama, dan Nana belum mengatakan apapun kepada orang tua Nana karena ini hanya teman biasa. Belum saatnya untuk bercerita apapun. Mungkin setelah ini, pikirnya.
Putra dan Nana bertemu di toko buku Gramedia. Pukul 12.30 WIB mereka bertemu. Keduanya saling gugup satu sama lain. Apalagi Nana. Ini adalah hal yang ertama dia alami. Rasa apa ini??? Lebih aneh daripada harus bertemu dengan orang baru yang belum Nana kenal. Setelah berbasa-basi, Putra mengajak  Nana untuk makan siang di restaurant baru yang ada di Semarang. Restaurant seefood. Yap, itu salah satu makanan favorit Nana. Pintar nian si Putra memilih tempat.
Mereka menyantap makan siang dengan riang. Tak jarang mereka mengobrol dan lebih memahami pribadi masing-masing. Putra bertanya kepada Nana dan Nana bertanya balik kepada Putra. Untuk hari ini, sudah lumayan cukup informasi yang mereka dapat dari hasil mengobrol saat makan siang. Obrolan yang menyenangkan. Tak terasa mereka sudah hampir 2 jam di restaurant itu.  Mereka berganti tempat. Sebelum pulang, mereka mampir ke Bakso Kumis untuk membeli bakso titipan mamahnya Putra. Yah itu adalah bakso kesukaan mamahnya Putra.
Sembari menunggu pesanan bakso, kita saling bercanda. Yang tadinya mengobrol kaku, mulai berani bertanya pribadi, hingga berlanjut bercanda ria di depan umum. Sungguh kemajuan yang sangat significant dalam waktu satu hari itu. Pesanan sudah jadi, namun Putra enggan untuk pulang. Dia mengajak Nana untuk jalan-jalan sebentar. Semakin mengenal pribadi masing-masing. Hari itu juga pertama kali Putra menggandeng tangan Nana dengan lembut. Dengan perlahan tangan Putra menyentuh jemari Nana, hati Nana berdetak kencang dalam satu detik itu. Mata Nana terbelalak seketika, kaget. “Apa yang harus aku lakukan ini???”, batin Nana.
Namun tak ada penolakan dari Nana. Nana menyerahkan tangannya untuk digengam erat oleh Putra. Newest moment for Nana. Its amazing feel!
Tangan Nana terus digandeng Putra sampai di parkiran motor. Dilepas saat mereka sudah ada di motor untuk pulang. Beberapa detik setelah mereka jalan untuk pulang, hujan mulai turun. Baju mereka hampir basah semuanya. Tangan Nana dengan erat memeluk perut Putra untuk berlindung, motor langsung mengarah ke arah Indomaret terdekat untuk berteduh sejenak.
Sampai Indomaret, Putra langsung ke dalam untuk membeli minuman hangat untuk menghangatkan badan Nana. Sedangkan Nana menungu diluar, duduk sembari mengibaskan tangan ke baju untuk membersihkan kotoran cipratan motor mobil yang lewat. Tak lama Putra menemani Nana dan memberi minuman hangat kepada Nana. Putra ikut membantu membersihkan baju Nana. Tak menggubris dirinya sendiri, dimana bajunya jga kotor. Tangan Nana dipegang dan digosok-gosok ke depan dan ke belakang untuk membantu menghangatkan tangannya yang sangatdingin. Suasana yang romantis tanpa ada yang menggangu dan menyesali keadaan ini. Mereka saling pandang dengan hening. Lama nian itu rasanya. Padahal tak lebih dari 10 menit mereka hanya saling pandang dan tak berucap.
“Na..”, ucap Putra seketika. Wajahnya datar dan serius banget.
“haduh, plis jangan buat aku seperti ini. Kaku banget.”, batin Nana. “Ya”, jawab Nana setelah membatin.
“Belum lama kita kenal. Baru pertama kali aku nemuin wanita seperti kamu. Kamu sangat amat berbeda dengan wanita lain bahkan mantan-mantanku sebelumnya ynag sudah pernah aku ceritain”, ungkap Putra perlahan. Tangannya mulai bergetar.
Mata Nana semakin terbelalak, kaget. Dia hanya bisa menelan ludah yang sangat amat susah tak seperti biasanya.
Tak lama, Putra melanjutkan, “Tak ada sesal aku mengenalmu. 3 bulan ini banyak cerita yang kita tulis. Kau selalu mengisi hari-hariku dengan sempurna. Kau selalu ada di saat aku butuh kamu. Tak mudah juga aku mengalahkan seorang laki-laki yang juga mendekatimu. Usahanya lebih keras dari aku, namun sayang dia sudah tumbang dengan jawabanmu. Itu membuatku lega sekaligus takut untuk berada di sampingmu. Tapi tenang, tak ada niatan untuk mundur walau bagaimanapun keadaannya.”.
“Nana, aku memang belum punya apapun untuk aku banggakan dihadapanmu. Namun aku akan berusaha dan terus berusaha untuk selalu membahagiakanmu.”, Putra diam sejenak. “Maukah Kau menerima aku untuk selalu ada di hari-harimu dan merajut kisah baru bersamaku?” lanjut Putra.
Nana hanya diam mendengar Putra berkata seperti itu. Hatinya berdetak dengan kencang. Namun sayang, hatinya belum seutuhnya direbut oleh Putra. Dia tak akan main-main dengan yang namanya cinta. Ini yangpertama untuknya, jadi dia juga tidak akan manin-main dalam menerima seseorang baru.
Hujan deras berganti dengan rintik hujan, semakin membuat suasana menjadi tambah romantis. Namun sayang, Nana sedikit menghancurkan suasana tersebut. Tapi ini adalah pilihan. “Putra. Maaf sebelumnya. Aku sangat amat terkesan olehmu. Namun hatiku belum 100% kau rebut. Hatiku belum tergetar sempurna oleh cintamu. Aku tak akan mempermainkanmu. Au tak akan mempermainkan cinta. Aku akan menerima cinta yang datang kepadaku. Aku akan menerima cinta disaat hatiku sudah terpenuhi namamu dan wajahmu. Maaf sebelumnya.”

Putra menunduk. Kecewa dengan jawaban Nana. Namun seperti yang sudah dibilang oleh Putra tadi, bahwa dia tak akan mundur bagaimanapun keadaannya karena cinta Putra tulus, apa adanya untuk Nana. “Ini bagiku bukan penolakan yang sah. Ini adalah ungkapan hatimu. Aku tak akan memaksamu. Aku mengerti hatimu. Aku emnghargai apa yang kau rasakan. Justru aku akan marah jika kau menerimaku namum kau merasakan hal yang berbeda.”, ungkap Putra perlahan. “Aku akan terus berusaha untuk kau merasakan getar cintaku. Aku akan menunggumu. Jangan kau batasi hatimu untukku. Akan datang masanya disaat hatimu sudah penuh dengan namaku dan wajahku. Aku akan menunggumu”...

Luv

Wisata - Uniknya Car Free Day Semarang

Uniknya Car Free Day Semarang

Car free day??? Apa sih yang dimaksud car free day itu??? Hemm… pertanyaan itu pasti muncul dalam benak kita, bukan?  Yups.. saat ini mungkin belum banyak yang tahu tentang car free day. Car free day (CFD) adalah istilah keren dari hari bebas berkendara motor maupun mobil. Jadi hanya ada orang yang berjalan ataupun berlari santai tanpa menghirup polusi kendaraan. Lalu lalang kendaraan bermotor di kawasan yang menjadi area CFD akan diganti dengan dominasi sepeda. senam aerobik di jalan raya, sepak bola di jalan raya, sampai makan dan minum di tengah jalan. Kondisi yang tidak mungkin bila dilakukan di hari biasa dengan lalu lintas keadaan normal. Kini car free day sudah mulai di garap di kota besar Indonesia dan memang targetnya ada di daerah padat kendaraan yang juga padat polusi...
Tapi sebenarnya apa yang mendasari dan bagaimana istilah CFD bisa sepopuler sekarang?
Tanggal 22 September ditetapkan sebagai perayaan CFD Internasional. Isu mengurangi moda transportasi berkendara dimulai sejak krisis minyak tahun 1977. Tetapi baru pada tahun 1994 isu tersebut mulai digencarkan dan digagas lebih serius. Pidato Eric Britton, Ilmuwan Politik dan Aktifis Lingkungan  pada Konferensi Internasional Asesibilitas Kota (International Ciudades Accesibles  Conference) di Toledo, Spanyol mengawali gerakan ini. Baru pada tahun 1995 terbentuklah forum nonformal Word Car free Day Consortium yang mendukung gerakan CFD di seluruh dunia. Pertama kali hajatan ini digelar di Inggris pada tahun 1997, selanjutnya di Perancis (1998) dan berkembang secara masif di Eropa pada tahun-tahun berikutnya hingga pada tahun 2000 menjadi gerakan global. Gagasan utama yang dipromosikan dalam gerakan CFD adalah mengembangkan transportasi massal, bersepeda dan berjalan kaki. Selanjutnya menumbuhkan kesadaran untuk bekerja dan beraktivitas dengan jarak yang lebih dekat dengan rumah dengan demikian akan mudah diakses dengan berjalan kaki.
Setelah mengetahui CFD itu apa dan bagaimana sejarahnya, kali ini kami akan membahas uniknya CFD di Semarang. CFD ini hanya berlaku pada hari Minggu pagi sampai sekitar jam 9 atau 10 yang bertempat di kawasan Simpang Lima. Disana banyak yang bisa kita lakukan misalnya bersepeda, jalan-jalan, jogging, bermain sepak bola, bermain basket, bermain sepatu roda, naik becak mobil, dan tidak jarang juga sebagai tempat berkumpulnya suatu komunitas tertentu. Jika anda tidak membawa sepeda namun ingin bersepeda, jangan kawatir karena banyak penyewaan sepeda, soal tempat parkir kendaraan roda dua ataupun roda empat sangat luas karena semua jalan yang mengarah ke simpang lima ditutup dan dialih fungsikan menjadi tempat parkir. Kalian bisa parkir dari arah Bank Indonesia seperti kami, atau dari arah Taman KB, bisa juga dari arah toko buku Merbabu, RRI Semarang, dan dari arah Gajah Mada atau RS Tlogosari.



Selain kita bisa melakukan banyak hal di CFD Semarang, disana juga menawarkan berbagai aneka makanan dan minuman seperti kuliner festival karena sepanjang jalan CFD banyak banget yang jual makanan dan minuman, mulai dari makanan cemilan hingga makanan berat untuk sarapan, mulai dari makanan dan minuman tempo dulu sampai makanan modern ada disini, dan harganya bisa dibilang terjangkau kok. Jadi aman untuk kantong dan untung untuk perut.


Tunggu apalagi??? Jangan bingung kalau ke Semarang mau berkunjung kemana ya. Karena ini salah satu alternatif wisata yang dapat Anda kunjungi. Salam wisata nineteendyear.

Luv


Tutorial - Mengintip Cara Pembuatan Nata de Cassava

Cara Pembuatan Nata de Cassava
Gb. Nata de Cassava

Sudah sangat sering kita mendengar “Nata de Coco”, bahkan kita juga sering mengonsumsi nata de coco sebagai bahan campuran pada es. Namun seringkah atau pernahkah Anda mendengar ”Nata de Cassava”? Saya kira belum. Jikalau kita familiar mendengar nata de coco, itu adalah pembuatan nata yang yang berbahan dasar kelapa ataupun aloe vera (lidah buaya). Nah, bagaimana dengan nata de cassava? Cassava itu nama latin dari singkong. Berarti pembuatan nata yang berbahan dasar singkong. Rasanya sama enaknya dengan nata de coco, hanya berbeda bahan dasarnya saja. Lantas bagaimanakah cara pembuatan Nata de Cassava?? Mari kita inpit alat dan bahan, beserta cara pembuatannya.

Alat yang dibutuhkan:
1. Ember
2. Saringan
3. Pengaduk
4. Timbangan
5. Gelas ukur
6. Pisau
7. Panci
8. Kompor
9. Plastik kemasan
10. Nampan plastik
11. Kertas Koran

Bahan yang digunakan:
1.      Air hasil samping pemuatan tapioka 20 Liter
2.      Gula 250 gram
3.      Asam asetat 25% 200 Liter
4.      Urea/ ZA 40 gram

Cara pembuatan Nata de Cassava:
1.      20 liter air limbah tapioka direbus sampai mendidih
2.     Kemudian tambahkan asam asetat, gula pasir, ZA lalu diaduk sampai merata dan ditunggu hingga mendidih
3.   Selanjtnya larutan bahan nata yang mendidih disaring dan dituangkan kedalam nampang kurang lebih 1,4 liter
4.     Diamkan hingga dingin, lalu tutup rapat dengan kertas koran
5.     Setelah mengalami pendinginan selama 1 malam, tambahkan bibit nata (starter)
6.     Diamkan nata, fermentasikan selama 6-8 hari, kemudian simpan dalam suhu 30-310 derajat Celcius
7.     Nata yang sudah siap panen akan mengeras dan kandungan airnya habis
8.     Nata yang terbentuk kemudian dipanen dan lembaran direndam dalam air segar untuk menghilangkan lendir dan asam pada lembaran nata
9.   Kemudian dilakukan pemotongan dan pencucian kembali hingga asam dan lendir hilang sempurna

Bagaimana nineteendyear?? Baru kan buat Anda pengetahuan ini. Makanya dipelajari dan langsung dipraktikkan di rumah ya guys. Seger loh sebagai campuran es campur saat panas-panas begini. Hihihi
Semoga Anda selalu mengikuti blog kami dengan segala isinya yaaaaaa

Luv


Tutorial - Pembuatan Shampo Alami

Cara Membuat Sampo
Gambar diambil dari Google

Setelah kami memberi tutorial cara membuat parfum, kali ini kami akan memposting mengenai bagaimana cara membuat shampo. Siapa sih yang ga tau shampo? Kita semua tau dan menggunakan shampo di keseharian kita saat mandi. Shampo sendiri terbuat dari bahan kimia yang digunakan untuk membersihkan rambut dari berbagai kotoran yang menempel dan membuat rambut kita terlihat sehat.
Bagi Anda yang ingin membuat sendiri shampo untuk keluarga Anda, tenang. Kami akan share cara pembuatan shampo khusus untuk sahabat nineteendys.

            Ini dia bahan-bahannya yang dibutuhkan untuk membuat shampo:
1. Solfafon / taxafon 1 ons
2. Natrium Clorida 15 gram
3. Air masak 500 cc
4. Kesumba / wama secukupnya
5. Bibit minyak wangi 2 cc

Cara membuatnya :
1.      Solfafon/ taxafon dan natrium clorida, kita masukkan ke dalam panci sambil diaduk hingga merata.
2.      Air masak dimasukkan sedikit demi sedikit dan tetap diaduk-aduk hingga bercampur betul hingga menjadi adonan cair tapi berlendir seperti adonan bubur pati ubi.
3.      Yang terakhir bahan Kesumba dan bibit minyak wangi kita campurkan ke dalam panci tadi hingga merata.
4.      Jika sudah tercampur rata, maka shampo telah berhasil kita buat dengan sempurna. Tinggal memasukkan ke dalam botol saja untuk pengemasannya.

Bagaimana tutorial kita kali ini? Cucok kan? Hihihi. Tunggu tutorial kami yang lain yaaa. Have a nice day, nineteendyear

Luv


Tutorial - Cara Membuat Parfum di Rumah

Menghemat Kantong dengan Parfum Buatan Sendiri
Gambar diambil dari Google

Hallo sahabat nineteendy’s. Kali ini kita ga akan cerita tentang story ataupun wisata looohh.
La terus apa dong???
Kita akan ngasih tau gimana cara membuat parfum sendiri! Wow kan! Jarang-jarang loohh kita tau gimana cara bikin parfum sendiri di rumah. Mau tau caranya??? Lets go, checkidot!

Parfum atau minyak wangi ini menjadi kebutuhan di masa sekarang ini. Untuk beberapa orang, mereka tidak bisa lepas dengan parfum sebelum keluar rumah menjalankan aktifitasnya. Ada yang merasa tidak pede, ada yang sadar diri bahwa dia mempunyai keringat yang berlebih makanya harus banget pake parfum biar ga terlalu bau keringetnya dan tercium segar.
Parfum yang berbau enak dan berkualitas, memiliki harga yang cukup mahal. Jalan satu-satunya untuk menghemat kantong yaitu dengan cara membuat sendiri parfum yang akan kita pakai. Apa saja sih bahannya? Eitssss, tunggu dulu. Sebelumnya kita harus tau apa saja elemen dalam parfum kita harus tahu elemen parfum. Ada 4 elemen (notes)  parfum, yaitu: base, middle, top dan bridge.
1.      Elemen Base, elemen ini akan melekat lebih lama di kulit dan harumnya lebih kuat, seperti vanili, cengkih dan minyak nilam.
2.     Elemen Middle, wangi ini biasanya baru terasa setelah setengah jam parfum disemprotkan, contohnya geranium dan kenanga.
3.      Elemen Top, yang terdapat dalam citrus dan floral akan tercium saat pertama kali di semprotkan.
4.      Elemen Bridge, dipakai untuk menyatukan ketiga elemen lainya.

Sudah tau kan elemen dari parfum? Itu bisa dijadikan sebagai referensi essential oil yang akan kita gunakan. Ini dia bahan dan alatnya:
                1.    Essential oil (minyak murni seperti mawar, lavender, cendana, melati, dll 
                     sesuai selera wangi favorit kalian)
                 2.      Alkohol
                 3.      Air murni atau air suling
                 4.      Pengaduk kaca
                 5.      Penetes kaca 
                 6.      Botol kaca
                 7.      Alat penyaring kopi

Setelah tau bahan dan alat yang harus didiapkan, sekarang saatnya untuk meracik parfum favorit kita yaaaaa. Ini dia caranya:
1.      Siapkan bahan dan alat
2.      Dengan menggunakan penetes kaca, satukan beberapa tetes minyak esensial oil tersebut dalam sebuah botol kaca kecil. Jangan ragu untuk mencampurkannya hingga menemukan wangi yang cocok dengan selera Anda.
3.   Tambahkan 250 gram alkohol murni dengan perbandingan essential oil 15-30 persen, alkohol 70-85 persen dan air 5 persen. Hindari alat-alat berbahan besi, gunakan yang dari kaca kemudian aduk selama beberapa menit. Semakin lama diaduk akan semakin baik.
4.    Simpan selama 48 jam di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Lebih lama waktu penyimpanan semakin baik wangi parfum yang dihasilkan.
5.       Tambahkan air murni sebanyak dua sendok makan. Aduk perlahan tapi dengan teratur dan waktu yang cukup lama. Jika Anda merasa formulasi terasa terlalu kuat, tambahkan air dan campurkan kembali. Semakin lama didiamkan akan semakin kuat wangi yang dihasilkan.
6.      Bila campuran tersebut telah siap, saring dengan penyaring kopi agar endapan dan kotoran yang terdapat selama proses pembuatan tidak ikut terbawa. Lalu tuangkan ke botol penyimpanan. Sebaiknya gunakan botol yang bewarna gelap agar parfum tidak cepat menguap.

Bagaimana tutorial yang kami bagikan? Bermanfaat bukan? Jadi jangan bingung lagi dalam menghemat anggaran parfum Anda. Lets try, guys!


 Luv