Penting!

Apa Itu Google Scholar?

Apa itu Google Scholar?
gb. halaman utama google

Google Scholar adalah salah satu channel dari google yang sangat amat membantu mahasiswa yang sedang menjalankan skripsi ataupun sedang membuat tesis. Google Scholar dibuat untuk mempermudah pengguna mencari atau menelusuri materi maupun referensi pendidikan dan penelitian ilmiah dengan format publikasi. Referensi ini dapat berupa jurnal ilmiah yang merupakan hasil-hasil penelitian/riset atau kajian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Google Scholar atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai Google Cendekia memiliki fitur diantaranya : 
·         Mencari beragam sumber dari satu tempat yang cocok. 
·         Menemukan Artikel, Tesis, Buku, Karya Abstrak ataupun Pendapat Hukum. 
·         Menempatkan Dokumen yang lengkap melalui Perpustakaan dan Web. 
·         Belajar tentang kunci literatur ilmiah di setiap area penelitian. 

Sejarah Google Scholar
Scholar google diluncurkan pada tahun 2004. Berbeda dengan google search yang menelusuri hampir semua dokumen yang di upload di internet. Google scholar melayani pengguna untuk menelusur dokumen-dokumen pendidikan baik berupa artikel ilmiah, buku teks dan berbagai format dokumen lainnya seperti skripsi, tesis, disertasi, prosiding, abstrak dll. Hampir semua jurnal ilmiah yang online akan disajikan dalam situs ini. Dengan demikian kita bisa mengakses banyak jurnal ilmiah baik yang tidak diakreditasi maupun yang terakreditasi, baik yang lokal, nasional maupun internasional. Jadi, pengguna akan memperoleh banyak informasi dari berbagai dokumen dan sumber. Google scholar bertujuan untuk mempermudah seseorang  menyusun artikel ilmiah dengan memperhatikan kelengkapan teks setiap artikel, penulis, publikasi yang menampilkan artikel, dan frekuensi penggunaan kutipan artikel dalam literatur akademis lainnya. Hasil paling relevan akan selalu muncul pada halaman pertama.
gb. URL Google Scholar

FOR YOUR INFO! 
Jika kita menggunakan Google scholar, dokumen yang muncul ketika seseorang menelusur suatu dokumen, materi, atau paper adalah dokumen-dokumen yang telah terseleksi. Hanya dokumen-dokumen dengan kriteria di atas yang muncul. Tidak seperti google search yang apapun muncul walau tidak relevan dengan apa yang dicari. Bahkan sering muncul blog-blog yang kurang mutu isinya dan tidak relevan juga ikut muncul. Tentu saja ini akan membutuhkan waktu yang lama dan juga sangat menguras tenaga untuk memperoleh dokumen ato paper yang dicari. Selain itu, Google scholar menggunakan situs-situs resmi universitas atau lembaga pendidikan untuk menampilkan berbagai materi, dokumen, atau paper yang terkait dengan pendidikan. Pada umumnya, situs-situs resmi ini menyajikan dokumen yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan Google scholar ketika kita menulis artikel ilmiah, kita akan memperoleh banyak pustaka. Memang, disini kita harus selektif.  Hanya dokumen yang resmi yang seharusnya kita jadikan referensi. Selain itu, kita juga harus selektif terhadap dokumen yang kita peroleh. Misalnya, kita tidak boleh membuat dokumen di jurnal tak terakreditasi untuk artikel yang akan dikirim ke jurnal internasional. Sebab ini akan menjadi salah satu alasan google untuk menolak artikel kita. Jadi, sesuaikan referensi dengan kualitas jurnal ilmiah yang akan dituju. Untuk jurnal internasional, kita seyogyanyaseharusnya membuat  jurnal-jurnal internasional yang berkualitas baik. Paling tidak di atas 80%, sisanya bisa dari jurnal internasional biasa atau jurnal nasional terakreditasi..

Kelebihan dan Kekurangan Google Scholar:
1.      Kelebihan: Kelebihan Google scholar dibandingkan dengan scopus adalah menelusur semua dokumen pendidikan atau ilmiah, sehingga kita bisa melihat jumlah sitasi semua dokumen kita yang disajikan secara online. Sementara scopus hanya menghitung jumlah sitasi diantara dokumen yang diindeks oleh scopus.

2.      Kekurangan: Kelemahan google schoolar antara lain ketika seseorang membuat profil dimungkinkan dokumen yang bukan miliknya diaku sebagai dokumennya. Google schoolar tidak menverifikasinya. Ini utuh mengandalkan kejujuran pemilik profil. Di dalam pengantar pemeringkatan ilmuwan berdasarkan profil google schoolar, webometrics menyatakan agar para pembuat profil agar menampilkan data secara jujur dan akurat.


Luv