Penting!

Wisata - Taman Margasatwa Semarang (Bonbin Mangkang)

Taman Margasatwa Kota Semarang

gb 1. Pintu masuk Taman Margasatwa Kota Semarang

         Masa liburan tiba, tentunya ini menjadi masalah tersendiri bagi orang tua yang memiliki buah hati. Karena bingung mau mengajak anaknya liburan kemana. Untuk para blogger yang berada di kawasan Semarang dan sekitarnya, Taman Margasatwa Semarang atau lebih dikenal dengan sebutan Bonbin Mangkang bisa menjadi pilihan untuk mengisi libur sekolah.
Taman Margasatwa atau Bonbin (Kebun Binatang) Semarang, pertama kali terletak pada tempat yang sekarang menjadi kawasan Taman Budaya Raden Saleh dan Wonderia yang berada di Jalan Sriwijaya, Semarang. Lalu pada tahun 1985, Bonbin Semarang direlokasi ke daerah Tinjomoyo. Dan pada tanggal 28 Februari 2007 Bonbin Semarang direlokasi kembali di daerah Mangkang, tepatnya di Jl. Walisongo KM 16, seberang Terminal Mangkang Semarang. itu sebabnya Taman Margasatwa Semarang dikenal dengannama Bonbin Mangkang, karena letaknya berada di wilayah Mangkang, Semarang.
          Bonbin yang berada pada kawasan Mangkang ini memiliki area seluas 9 hektar yang berada di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Semarang sebagai Taman Margasatwa, tempat rekreasi, sebagai sarana konservasi dan pendidikan. Harga tiket tanda masuk terhitung cukup terjangkau, pada hari Minggu atau hari besar dikenakan biaya Rp 7.500,- sedangkan pada hari biasa sebesar Rp 5.000,-. Pengunjung pada hari Minggu atau hari libur dapat mencapai 1000 pengunjung per hari, sedangkan pada hari biasa berada pada kisaran 100 pengunjung per hari.
gb 2. Burung pelikan yang dilepas bebas dipinggir danau

gb 3. Penampungan buaya di bonbin Semarang

Dalam pemeliharaan satwa, ada satwa yang ditempatkan di kandang maupun yang dibiarkan bebas di ruang terbuka yang disesuaikan dengan habitatnya. Fasilitas yang dimiliki Bonbin Mangkang berupa: jasa naik gajah, kereta mini, becak air, berfoto bersama reptil maupun aneka burung, dan permainan becak air untuk menyusuri danau buatan sambil ditemani burung pelikan yang berenang bebas. Selain fasilitas tersebut, pihak bonbin terus mengembangkan fasilitas demi memenuhi kebutuhan pengunjung, seperti pembangunan arena permainan yang lebih komplit dari sebelumnya, mini outboud, museum pesawat, taman lalu lintas, dan water boom.       
gb 4. Fasilitas Jasa naik gajah 

gb 5. Fasilitas bermain flying fox

         Satwa yang ada di Bonbin Mangkang, diantaranya aneka jenis reptil (ular, buaya, kura-kura, bunglon, biawak), aneka burung (merak, kaswari, kakak tua, pelikan, bangau, hantu), gajah, rusa, harimau, kuda, orang hutan, anoa, singa, monyet, jerapah, onta, dan lain sebagainya.
            Kelebihan Taman Margasatwa Semarang dibanding kebun binatang lain, yaitu berada pada jalur pantura yang tepat berada di seberang terminal mangkang, sehingga memudahkan para pengunjung yang menggunakan transportasi pribadi maupun umum untuk mengunjungi taman margasatwa ini.
Adapun kekurangan dari Taman Margasatwa Semarang, yaitu karena berada di pinggiran Kota Semarang, dimana jauh dari pusat kota, selain itu bagi pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan harus berebut tempat parkir yang dikarenakan area parkir yang tidak terlalu luas, selain itu khususnya pada hari libur, jumlah pengunjung meningkat sehingga menyebabkan area taman margasatwa terlihat kurang bersih karena kurangnya kesadaran akan membuang sampah pada tempatnya.
Demikian sedikit ulasan tentang Taman Margasatwa Kota Semarang, semoga dapat membantu para blogger dalam memilih tempat liburan yaaaa. Ditunggu tempat-tempat wisata selanjutnya.

Luv 

Hay, blogger! This is the fisrst we are update this blog

Hay blogger mania. Ini update-an kita yang pertama nih. Eh, kok kita? Iya, kita dong. Karena yang megang blog ini ada 2 personil, sebut saja ahda dan dydy. Kami senang untuk menulis cerita ataupun yang kami inginkan di laptop. Ya hanya dilaptop tadinya. Maka dari itu kami ingin membagi yang kami alami dengan kalian secara online :)
Semoga yang kami tulis selalu bermanfaat ya buat kita semua.
Mohon bantuan, saran, dan dukungannya ya guys. Kami pendatang baru nih hehehe
Masih butuh banyak ilmu untuk nge-blog
Salam kenal kami ya, blogger!
Luv