Penting!

Wisata - Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang

Pemandian Air Panas Candi Umbul Magelang

Relief Pemandian Candi Umbul

Magelang, kota sejuk yang berada di tengah Propinsi Jawa Tengah, memiliki banyak situs warisan budaya. Seperti yang tersurat dalam sejarah, ratusan tahun lalu pada masa kerajaan Mataram Kuno, Dinasti Syailendra menjadi penguasa kawasan ini. Begitu banyak situs peninggalan bersejarah pada masa lalu. Diantaranya warisan yang sudah dikenal dunia adalah Candi Borobudur, selain itu ada Candi Pawon dan Candi Mendut yang terletak jauh di utara Magelang ada juga pemandian Candi Umbul yang berada di desa Kertoharjo, Kecamatan Grabag Magelang.
Meskipun lokasinya cukup terpelosok, namun untuk menuju kesini cukup mudah. Dari Magelang dapat menggunakan bus jurusan Magelang-Grabag, lanjut naik angkutan umum menuju ke Candi Umbul. Atau dapat juga menggunakan jasa ojek dari terminal Grabag. Namun lebih mudah apabila masuk melalui jalur dari arah Magelang – Semarang. Penandanya, setelah melewati pertigaan jalan tembus ke arah Temanggung, jalanlah lurus terus ke arah Semarang sekitar 2 Km dari pertigaan, di sisi kanan jalan ada jalan kampung beraspal dan papan penunjuk lokasi Candi Umbul. Sekitar beberapa ratus meter masuk menyusuri jalan kampung tersebut, kita akan sampai di lokasi Pemandian Candi Umbul.  

Kompleks Pemandian Candi Umbul

Dinamakan Candi Umbul karena dari dasar kolam terdapat gelembung-gelembung udara yang menyembul ke permukaan. Orang Jawa menyebut gelembung yang naik itu “mumbul” dan tersebutlah istilah umbul. Candi Umbul tidak berbentuk seperti candi pada umumnya, melainkan sebuah kolam pemandian air hangat kuno dari susunan batu andesit yang berada tak jauh dari tepian Sungai Elo. Kalau melihat lokasi geografisnya, agak aneh memang, di tengah sawah di dataran rendah dan jauh dari gunung, ada sebuah mata air panas yang sudah ada sejak jaman dulu. Disinilah letak keunikan dan daya tarik Candi Umbul.
Konon cerita, Candi Umbul merupakan pemandian para keluarga kerajaan setelah melakukan ritual ataupun sekedar beristirahat. Beberapa patung dan batu berukir berjajar di pinggir kolam. Relief hewan, manusia dan tumbuhan menghiasi batu-batu di pemandian tersebut. Air hangat di kolam ini mengandung kadar belerang yang relatif rendah. Banyak masyarakat percaya, mandi di pemandian air panas di Candi Umbul ini bisa menghilangkan penyakit kulit dan menyembuhkan rematik. Namun jangan lupa, kita harus percaya bahwa semua atas kehendak Yang Maha Kuasa.
Waktu yang paling pas untuk menikmati hangatnya air Candi Umbul adalah pagi hari ketika kabut dan uap kolam bertemu, ketika matahari masih malu-malu menampakkan sinarnya, ketika sebagian orang masih terkulai lemas di peraduan. Bayangkan betapa rileksnya pada saat itu.
Pengelolaan Candi Umbul saat ini dikendalikan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau. Cukup dengan membayar tiket masuk seharga Rp. 3.000,- per orang, kita sudah bisa rileks menikmati hangatnya air di pemandian Candi Umbul sambil bercengkerama bersama keluarga, teman, ataupun kerabat dekat. 

Selamat menikmati liburan di Magelang yaaaaaaa… J

No comments:

Post a Comment