Penting!

Fakta - Penolakan Pinjam Kredit

Penolakan Pinjam Kredit

gb. diambil dari google

Halo sahabat blogger kali ini kami akan membagikan pengalaman pribadi kami tentang susahnya menjadi orang yang tidak punya uang. Sebagai manusia tentu kita selalu menginginkan barang apapun yang menurut kita perlu untuk menunjang pekerjaan ataupun untuk kebutuhan hidup kita. Akan tetapi kadang kala kita mendapat masalah karena kita belum mampu atau bahkan tidak mampu untuk membeli barang tersebut. Itu membuat kita sangat kecewa dibuatnya.
Di era modern seperti sekarang ini banyak perusahaan yang menawarkan pinjaman uang dan dikembalikan baik secara kontan maupun secara dicicil, sebut saja pinjaman kredit. Untuk persyaratan juga bermacam macam. ada yang harus menggunakan BPKB kendaraan bermotor sebagai jaminan adapula yang cukup menggunakan KTP. Mungkin itu sangat sedikit melegakan bagi kita yang ingin membeli barang yang kita idam-idamkan. Dengan syarat yang mudah kita dapat membeli barang apapun yang kita inginkan. Tetapi sesungguhnya dibalik penawaran-penawaran yang menggiurkan itu akan menimbulkan rasa kekecewaan yang sangat mendalam jika kita mengalami kegagalan. Sungguh jauh dari kata manis saat mereka mengumbar program dan tata cara berkredit. Hanya ucapan manis iklan.
Sebagai conoh saya datang ke sebuah pameran gadget dan kamera, kemudian kami ingin membeli suatu barang untuk menunjang kebutuhan saya , harganya lumayan mahal dengan gaji saya sekarang tentunya saya belum bisa untuk membelinya apalagi secara cash, kemudian saya mencoba bertanya kepada penjaga toko.        
Saya                : mbak kalo dicicil apakah bisa?
Mbak mbak     : bisa mas, buat aja permohonan di tempat perkreditan.

Kemudian saya bertanya di tempat perkreditan, kali ini saya mendatangi perusahaan kreditan (SPA), syarat yang dibutuhkan memang tidak sulit. Hanya buat surat permohonan, umur min 21, sudah bekerja dan juga survey rumah. Semua persyaratan sudah saya penuhi. Kalo untuk survey rumah saya berada di kelas menengah keatas. Kalo saya pikir untuk kredit harga barang yang saya inginkan tentu tidak masalah. Dan tak lupa orang kreditan bilang membutuhkan  waktu 3 hari untuk bias mendapatkan barang yang kita inginkan.
Beberapa hari kemudian orang tukang survey datang kerumah dan mulai bertanya-tanya, pertanyaannya juga seputar pekerjaan, dan kebanyakan sama seperti isi dalam permohonan kredit. Tak lupa orang survey akan minta selfie didepan rumah kita. Setelah selesai survey, orang survey akan bilang kalo di acc jangan telat bayar ya mas. Kebanyakan pasti diterima ko. Nanti keputusan akan diberitahu via tlp.
Setelah beberapa hari saya mendapat sms tapi bukan permohonan kredit diterima tetapi penolakan, saya berusaha bertanya kepada petugas kredit kenapa permohonan saya ditolak , akan tetapi jawaban mereka hanya NANTI SAYA TANYAKAN KE KANTOR PAK, NANTI SAYA HUBUNGI LAGI. Tetapi beberapa hari menunggu, kami tak mendapat jawaban. Orang survey tak kunjung mengkonfirmasi kekurangan persyaratan kami.
Setelah permohonan pertama gagal saya mencoba membuat permohonan kredit lagi dengan barang yang sama dan PERUHASAAN KREDIT yang BERBEDA. Kali ini saya mencoba di perusahaan kreditan (KP), untuk syarat kurang lebih sama hanya bunga, jumlah pembayaran administrasi, dan jumlah angsuran saja yang berbeda. Untuk kali ini angsuran sedikit lebih mahal, kami tak mempermasalahkan itu, tak apalah asalkan barang yang kami inginkan dapat kami miliki. Untuk kali ini ada hal yang aneh, sudah hampir 1 minggu orang survey tidak datang kerumah, saya bertanya kepada orang tua saya juga sama tidak ada orang survey.
Hal yang sangat mencengangkan terjadi, saya penasaran apa yang terjadi. Akhirya saya menelpon kantor cabang dekat tempat kami tinggal.
Saya    : maaf mas mau Tanya, permohonan kredit atas nama……ko sampe sekarang belum ada yang survey?
Kantor : sebentar saya cek dulu
Kantor : maaf bapak permohonan kredit anda ditolak!
Saya    : lohhhhhhh mas, kok ditolak?
Kantor : iya mas ditolak pimpinan
Saya    : mas rumah saya aja belum di survey ko udah ditolak , alasannya apa?
Kntor   : sudah survey via tetangga pak, mungkin rumah bapak gak ada orang
Saya    : heh mas saya dari kemaren dirumah terus gak kmana kmana, dirumah saya juga ada orang, yang bener aja dong (langsung emosi seketika itu)
Kantor : loh maaf pak , coba nanti saya kordinasi sama orang survey dulu, ditunggu nanti sore maksimal besok pagi .


Lagi lagi saya mendapat alasan yang tidak jelas tentang permohonan kredit. Untuk anda yang ingin melalukan permohonan kredit sebaiknya difikir lagi matang matang. Pilih perusahaan yang anda anggap mudah, tidak menjual iklan manis, dan jikalau permohonan anda ditolak, anda harus meminta informasi alasan yang jelas untuk perbaikan kedeepan .
Demikian pengalaman yang kami alami , semoga dapet menjadi pembelajaran bagi kita semua agar anda tidak merasakan kecewa yang sangat besar saperti saya. Semoga kalian diberikan kemudahan dalam perkreditan dan dilimpahkan rejeki selalu untuk melunasi kredit J

Luv

No comments:

Post a Comment