Penting!

Wisata - Uniknya Car Free Day Semarang

Uniknya Car Free Day Semarang

Car free day??? Apa sih yang dimaksud car free day itu??? Hemm… pertanyaan itu pasti muncul dalam benak kita, bukan?  Yups.. saat ini mungkin belum banyak yang tahu tentang car free day. Car free day (CFD) adalah istilah keren dari hari bebas berkendara motor maupun mobil. Jadi hanya ada orang yang berjalan ataupun berlari santai tanpa menghirup polusi kendaraan. Lalu lalang kendaraan bermotor di kawasan yang menjadi area CFD akan diganti dengan dominasi sepeda. senam aerobik di jalan raya, sepak bola di jalan raya, sampai makan dan minum di tengah jalan. Kondisi yang tidak mungkin bila dilakukan di hari biasa dengan lalu lintas keadaan normal. Kini car free day sudah mulai di garap di kota besar Indonesia dan memang targetnya ada di daerah padat kendaraan yang juga padat polusi...
Tapi sebenarnya apa yang mendasari dan bagaimana istilah CFD bisa sepopuler sekarang?
Tanggal 22 September ditetapkan sebagai perayaan CFD Internasional. Isu mengurangi moda transportasi berkendara dimulai sejak krisis minyak tahun 1977. Tetapi baru pada tahun 1994 isu tersebut mulai digencarkan dan digagas lebih serius. Pidato Eric Britton, Ilmuwan Politik dan Aktifis Lingkungan  pada Konferensi Internasional Asesibilitas Kota (International Ciudades Accesibles  Conference) di Toledo, Spanyol mengawali gerakan ini. Baru pada tahun 1995 terbentuklah forum nonformal Word Car free Day Consortium yang mendukung gerakan CFD di seluruh dunia. Pertama kali hajatan ini digelar di Inggris pada tahun 1997, selanjutnya di Perancis (1998) dan berkembang secara masif di Eropa pada tahun-tahun berikutnya hingga pada tahun 2000 menjadi gerakan global. Gagasan utama yang dipromosikan dalam gerakan CFD adalah mengembangkan transportasi massal, bersepeda dan berjalan kaki. Selanjutnya menumbuhkan kesadaran untuk bekerja dan beraktivitas dengan jarak yang lebih dekat dengan rumah dengan demikian akan mudah diakses dengan berjalan kaki.
Setelah mengetahui CFD itu apa dan bagaimana sejarahnya, kali ini kami akan membahas uniknya CFD di Semarang. CFD ini hanya berlaku pada hari Minggu pagi sampai sekitar jam 9 atau 10 yang bertempat di kawasan Simpang Lima. Disana banyak yang bisa kita lakukan misalnya bersepeda, jalan-jalan, jogging, bermain sepak bola, bermain basket, bermain sepatu roda, naik becak mobil, dan tidak jarang juga sebagai tempat berkumpulnya suatu komunitas tertentu. Jika anda tidak membawa sepeda namun ingin bersepeda, jangan kawatir karena banyak penyewaan sepeda, soal tempat parkir kendaraan roda dua ataupun roda empat sangat luas karena semua jalan yang mengarah ke simpang lima ditutup dan dialih fungsikan menjadi tempat parkir. Kalian bisa parkir dari arah Bank Indonesia seperti kami, atau dari arah Taman KB, bisa juga dari arah toko buku Merbabu, RRI Semarang, dan dari arah Gajah Mada atau RS Tlogosari.



Selain kita bisa melakukan banyak hal di CFD Semarang, disana juga menawarkan berbagai aneka makanan dan minuman seperti kuliner festival karena sepanjang jalan CFD banyak banget yang jual makanan dan minuman, mulai dari makanan cemilan hingga makanan berat untuk sarapan, mulai dari makanan dan minuman tempo dulu sampai makanan modern ada disini, dan harganya bisa dibilang terjangkau kok. Jadi aman untuk kantong dan untung untuk perut.


Tunggu apalagi??? Jangan bingung kalau ke Semarang mau berkunjung kemana ya. Karena ini salah satu alternatif wisata yang dapat Anda kunjungi. Salam wisata nineteendyear.

Luv


No comments:

Post a Comment