Pages

Wisata - Hutan Mangrove Tugurejo Semarang

Hutan Mangrove Tugurejo Semarang

Kota Semarang, ibukota Jawa Tengah ini memiliki banyak tempat destinasi wisata. Mulai dari wisata budaya , wisata religi, hingga wisata alam. Untuk wisata alam, mungkin kalian banyak yang tahu bahwa wisata ini banyak berada di daerah Kabupaten Semarang. Belum banyak yang tau jika di Kota Semarang juga memiliki alternatif tempat wisata alam yang terbilang baru dan masih jarang didatangi banyak orang. Yap, Hutan Mangrove Tugu.
Tempat wisata Hutan Mangrove Tugu ini berada dipesisir Pantai Tugu, Kelurahan Tugurejo, Kecamatan Tugu, Kota Semarang. Perjalanan menuju wisata hutan magruve ini terbilang gampang gampang susah. Berjarak ± 3 km dari pusat Kota Semarang menuju ke arah barat.jika anda berasal dari pusat Kota Semarang. Gang menuju hutan mangrove berada di kanan jalan tepat berseberangan dengan Wisata Taman Lele Semarang. Karena wisata ini masih terbilang baru, jadi papan arah menuju wisata hutan magrove ini masih jarang ditemukan tetapi jika Anda bertanya kepada warga sekitar pasti akan diberi tahu jalannya , warga sekitar sangat ramah tamah.
Jalan menuju ke wisata hutan mangrove tugu ini sudah berbentuk beton jadi jangan kawatir jikalau datang saat musim penghujan, dijamin roda kendaraan anda tidak terperosok ke dalam kubangan lumpur. Tetapi untuk kenyamanan disarankan menggukanan sepeda motor saja karena jika menggunakan mobil jalan menuju tempat ini kurang lebar untuk berpapasan dengan mobil lain. Dan yang harus diingat jika anda menggunakan kendaraan bermotor tempat parkir dengan wisata hutan mangrove ini masih berjarak beberapa ratus meter jadi tetap harus berjalan kaki, tetapi tenang saja pemandangannya sangat hijau jadi dapat memanjakan mata Anda.

Saran buat yang ingin berkunjung kesini, sebaiknya bawalah bekal dari rumah karena disini tidak ada pedagang yang berjualan makanan, kalaupun ada harganya bias naik 2 kali lipat. Namun jangan lupa bawalah sampah yang Anda bawa dari tempat wisata, jangan sampai Anda meninggalkan sampah yang akan merusak keindahan tempat wisata.
Karena masih terbilang tempat wisata baru, hutan mangrove tugu ini hanya dikenakan biaya Rp. 5000,- untuk biaya masuk ke wisata dan Rp. 1000,- untuk parkir sepeda motor. Ada juga kapal nelayan yang dapat disewa untuk berkeliling hutan, biaya yang harus dikeluarkan sebesar Rp. 100.000,-.

Keindahan yang ditawarkan oleh wisata Hutan Mangrove Tugu Semarang adalah hamparan tumbuhan bakau yang sangat rimbun dan luas dipadu dengan jembatan kayu di sisi sungai yang berfungsi untuk menyeberang serta menikmati pemandanggan hutan bakau ini bagi para pengunjung. Jembatan ini juga sebagai tempat berhentinya kapal para nelayan yang lalu lalang mencari ikan. Pemandangan yang tidak bisa kita dapatkan di perkotaan akan membuat Anda merasa damai dan tenang. Tempat seperti ini sangatlah cocok bagi Anda yang sedang menginginkan refreshing karena masalah hidup ataupun masalah pekerjaan dan ingin menenangkan pikiran sejenak. Tak lupa bagi Anda yang suka hunting foto dengan latar pemandangan tempat wisata, wajib bagi Anda untuk mengabadikan pengalaman Anda saat berada di Hutan Mangrove Tugu Semarang.



No comments:

Post a Comment