Pages

Tutorial - Cara Membuat Parfum di Rumah

Menghemat Kantong dengan Parfum Buatan Sendiri
Gambar diambil dari Google

Hallo sahabat nineteendy’s. Kali ini kita ga akan cerita tentang story ataupun wisata looohh.
La terus apa dong???
Kita akan ngasih tau gimana cara membuat parfum sendiri! Wow kan! Jarang-jarang loohh kita tau gimana cara bikin parfum sendiri di rumah. Mau tau caranya??? Lets go, checkidot!

Parfum atau minyak wangi ini menjadi kebutuhan di masa sekarang ini. Untuk beberapa orang, mereka tidak bisa lepas dengan parfum sebelum keluar rumah menjalankan aktifitasnya. Ada yang merasa tidak pede, ada yang sadar diri bahwa dia mempunyai keringat yang berlebih makanya harus banget pake parfum biar ga terlalu bau keringetnya dan tercium segar.
Parfum yang berbau enak dan berkualitas, memiliki harga yang cukup mahal. Jalan satu-satunya untuk menghemat kantong yaitu dengan cara membuat sendiri parfum yang akan kita pakai. Apa saja sih bahannya? Eitssss, tunggu dulu. Sebelumnya kita harus tau apa saja elemen dalam parfum kita harus tahu elemen parfum. Ada 4 elemen (notes)  parfum, yaitu: base, middle, top dan bridge.
1.      Elemen Base, elemen ini akan melekat lebih lama di kulit dan harumnya lebih kuat, seperti vanili, cengkih dan minyak nilam.
2.     Elemen Middle, wangi ini biasanya baru terasa setelah setengah jam parfum disemprotkan, contohnya geranium dan kenanga.
3.      Elemen Top, yang terdapat dalam citrus dan floral akan tercium saat pertama kali di semprotkan.
4.      Elemen Bridge, dipakai untuk menyatukan ketiga elemen lainya.

Sudah tau kan elemen dari parfum? Itu bisa dijadikan sebagai referensi essential oil yang akan kita gunakan. Ini dia bahan dan alatnya:
                1.    Essential oil (minyak murni seperti mawar, lavender, cendana, melati, dll 
                     sesuai selera wangi favorit kalian)
                 2.      Alkohol
                 3.      Air murni atau air suling
                 4.      Pengaduk kaca
                 5.      Penetes kaca 
                 6.      Botol kaca
                 7.      Alat penyaring kopi

Setelah tau bahan dan alat yang harus didiapkan, sekarang saatnya untuk meracik parfum favorit kita yaaaaa. Ini dia caranya:
1.      Siapkan bahan dan alat
2.      Dengan menggunakan penetes kaca, satukan beberapa tetes minyak esensial oil tersebut dalam sebuah botol kaca kecil. Jangan ragu untuk mencampurkannya hingga menemukan wangi yang cocok dengan selera Anda.
3.   Tambahkan 250 gram alkohol murni dengan perbandingan essential oil 15-30 persen, alkohol 70-85 persen dan air 5 persen. Hindari alat-alat berbahan besi, gunakan yang dari kaca kemudian aduk selama beberapa menit. Semakin lama diaduk akan semakin baik.
4.    Simpan selama 48 jam di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Lebih lama waktu penyimpanan semakin baik wangi parfum yang dihasilkan.
5.       Tambahkan air murni sebanyak dua sendok makan. Aduk perlahan tapi dengan teratur dan waktu yang cukup lama. Jika Anda merasa formulasi terasa terlalu kuat, tambahkan air dan campurkan kembali. Semakin lama didiamkan akan semakin kuat wangi yang dihasilkan.
6.      Bila campuran tersebut telah siap, saring dengan penyaring kopi agar endapan dan kotoran yang terdapat selama proses pembuatan tidak ikut terbawa. Lalu tuangkan ke botol penyimpanan. Sebaiknya gunakan botol yang bewarna gelap agar parfum tidak cepat menguap.

Bagaimana tutorial yang kami bagikan? Bermanfaat bukan? Jadi jangan bingung lagi dalam menghemat anggaran parfum Anda. Lets try, guys!


 Luv

2 comments:

  1. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    Tempat menyemprotkan parfum yang benar

    ----------

    ReplyDelete
  2. makasih ga infonya bisa langsung dicoba nih
    http://jellygamat-qnc.xyz/

    ReplyDelete